Home Sport 5 Fakta Menarik Lamine Yamal di EURO 2024 Jerman

5 Fakta Menarik Lamine Yamal di EURO 2024 Jerman

Lamine Yamal bersama ibunya

RADAR PANGANDARAN.COM – Saat Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 di , Lamine Yamal mencetak gol spektakuler dari tendangan melengkung sejauh 25 meter yang tak mampu diantisipasi oleh Mika Maignan.

Gol penyeimbang ini membuat Lamine Yamal, yang baru berusia 16 tahun 363 hari menjadi pencetak gol termuda di Kejuaraan dan juga memecahkan rekor Pelé dari Brasil.

Pada Piala 1958, Pelé berusia 17 tahun 244 hari dan menjadi pemain termuda yang tampil di semifinal baik di Piala maupun Kejuaraan .

Tak hanya itu, Yamal juga menjadi pemain muda pertama yang menciptakan lebih dari 6 besar dalam satu turnamen besar bersama Spanyol.

Hanya ada tiga pemain Spanyol yang menciptakan lebih dari 15 peluang untuk Spanyol dalam satu turnamen Kejuaraan yakni Cesc Fabregas pada tahun 2008, Xavi pada 2012, dan Lamine Yamal pada tahun 2024 sekarang menurut laporan Squawka.

Sekarang, Yamal bisa mencatatkan lebih banyak sejarah di babak final EURO 2024 mendatang dengan mematahkan rekor milik Ronaldo Brasil dan Gianluigi Donnarumma.

Ronaldo menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala , Copa América, dan Kejuaraan yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik.