Ribuan Warga India Jadi “Budak Dunia Maya” di Negara Tetangga Indonesia

    Ilustrasi warga India

    RADAR .COM – Ribuan diduga terjebak di beberapa negara Asia Tenggara dan dipaksa bekerja sebagai “” dilansir dari Russian Today.

    Menurut laporan Indian Express, banyak yang dipaksa untuk melakukan aktivitas ilegal seperti pencucian uang, penipuan mata uang , dan “penipuan kencan atau cinta” di negara-negara tetangga seperti Kamboja, Thailand, Myanmar, dan .

    Menurut data yang dikumpulkan oleh otoritas imigrasi India, hampir 30.000 dari 73.138 yang bepergian ke negara-negara tersebut dengan visa pengunjung dari Januari 2022 hingga Mei 2024 belum kembali.

    Laporan tersebut menunjukkan bahwa orang-orang dari berbagai wilayah di India dibujuk oleh penipu yang memerintahkan mereka untuk membuat akun palsu, sering kali menggunakan foto wanita, guna meyakinkan orang lain agar berinvestasi uang.

    Beberapa pria yang diselamatkan dari skema penipuan ini oleh pemerintah India awal tahun ini mengatakan kepada Indian Express bahwa mereka awalnya ditawari “menguntungkan” oleh agen, sebelum dikirim ke negara-negara tersebut dan paspor mereka disita.